Menu


22 Feb 2012

Cara yang Baik untuk Minum Jus/Pure

Jus bisa membantu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral, dapat membantu menangkal berbagai penyakit dan mempercepat proses penyembuhan. Jus juga kaya enzim yang dibutuhkan tubuh yang tidak terdapat pada makanan yang dimasak.


Untuk mendapatkan manfaat optimal, biasakan anak minum jus setiap hari. Ajari sedikit demi sedikit, mulai dari beberapa sendok makan hingga akhirnya mereka bisa minum 2-3 gelas sehari. Ajari pula anak minum jus perlahan, seteguk demi seteguk agar jus bercampur dengan enzim yang ada di mulut yang akan membantu proses pencernaannya.

Jus buah sebaiknya diminum ketika perut kosong, kira-kira 1-2 jam sebelum makan atau di antara 2 waktu makan. Untuk mencerna jus buah, tubuh memerlukan waktu 10-15 menit. Jika diminum sesudah makan makanan berat - yang memerlukan waktu cerna lebih panjang, jus akan berubah jadi ragi di dalam perut sebelum dicerna. Jus buah tidak tepat diminum bersamaan dengan waktu makan karena akan mengganggu proses pencernaan. Sebaliknya, jus sayur bisa diminum bersamaan atau berdekatan dengan waktu makan.Untuk membantu proses penyembuhan anak yang sedang sakit (terapi) akan lebih efektif bila jus tidak dicampur dengan es.

Dikutip dari : Tim Sarasvati. 2008. 100 Super Jus untuk Anak. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, hal : 6-7

Dokumen HHBF: http://www.facebook.com/groups/hhbabyfood/doc/317412631612591/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar